TORONTO – Organisasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah menyelesaikan kunjungan lapangan ke tempat-tempat potensial pada Piala Dunia tahun 2026 yang akan digelar bersama oleh Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Baca Juga: 11 Kandidat Pemain Terbaik Versi FIFA 2021

FIFA yang melakukan tur ke sejumlah negara tersebut berakhir di Toronto Senin, (22/11/2021) dan akan mengambil keputusan keputusan tentang kota dapat diharapkan pada bulan April 2022 mendatang.

Ketua turnamen dan event FIFA, Colin Smith, setelah tur inspeksi di 22 kota dan 23 tempat tersebut, Ia menyerahkan kepada FIFA selanjutnya mana dari laporan 16 tuan rumah yang akan mereka pilih.

“Ketika tawaran diajukan, 16 direferensikan dan kami telah mencatat tetapi pada akhirnya terserah FIFA,” kata Smith dilansir dari Reuters.

Lanjut Smith, menurutkan jika pihaknya akan memutuskan mana yang paling tepat untuk dapat dijadikan tuan rumah dari total 16 pilihan tersebut.

“Kami akan menyelesaikan kunjungan ini dan kemudian kami akan memutuskan nomor yang paling tepat yang kami butuhkan untuk menjadi tuan rumah turnamen,” ujarnya.

Meskipun begitu, Smith mengungkapkan jika dirinya belum dapat memastikan waktu pastinya penguman tersebut. Namun, kemungkinan besar pada bulan April tahun 2022 mendatang.

“Kami belum menentukan waktu pastinya (pengumuman venue) tapi saya menduga kemungkinan April lebih besar daripada Maret,” ucapnya.

Perlu diketahui, jika Toronto dan Edmonton adalah dua kota Kanada yang menawar pertandingan sementara Guadalajara, Monterrey dan Mexico City adalah kandidat Meksiko.

Piala Dunia tahun 2026 kali ini berkembang menjadi 48 tim, sehingga tawaran bersama meminta Kanada dan Meksiko untuk masing-masing mendapatkan 10 pertandingan dengan sisanya pergi ke Amerika Serikat.

Boston, Baltimore, Los Angeles, Atlanta, Cincinnati, Dallas, Denver, Houston, Kansas City, Miami, Nashville, New York/New Jersey, Orlando, Philadelphia, San Francisco Bay area, Seattle dan Washington, DC adalah yang berpotensi di Amerika Serikat.