JAKARTA – Timnas U-23 Indonesia akan melakoni laga perdana SEA Games 2021 melawan tim tuan rumah sekaligus juara bertahan, Vietnam di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Jumat (6/5) malam ini WIB. Pertandingan tersebut diprediksi akan berjalan sengit dengan kedua tim sama-sama difavoritkan untuk meraih gelar juara.

Duel antara kedua tim di fase grup ini akan langsung mengingatkan khalayak kepada partai puncak SEA Games 2019 di Filipina. Saat itu Vietnam menang 3-0 dan berhak atas gelar juara mereka. Itu membuat Indonesia kembali gagal membawa pulang medali emas SEA Games sejak 1991.

Baca Juga : Sea Games 2022, PSSI Optimis Timnas Indonesia Jadi Juara

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan dirinya sudah melihat rekaman pertandingan tersebut. Dia mengakui Vietnam berhak atas kemenangan mereka di final saat itu, tapi ia menegaskan bahwa itu hanyalah masa lalu, dan pertandingan yang akan datang tentu akan menyajikan hal yang berbeda.

Di sisi lain, ini juga merupakan pertemuan ulangan antara Shin Tae-yong dengan Park Hang-seo di kompetisi yang berbeda ketika sama-sama menangani timnas. Pertemuan terakhir mereka adalah di Piala AFF 2020 pada Desember 2021. Ketika itu, pertandingan berjalan alot dengan taktik yang diberikan oleh kedua pelatih. Laga tersebut akhirnya selesai dengan skor imbang 0-0.

“Saya akui Park bekerja dengan baik untuk meningkatkan timnya di Vietnam, dan sebagai sesama orang Korea Selatan saya juga ikut bangga, selain itu dia juga senior saya di sepak bola. Tapi di lapangan, kedua pelatih harus menunjukkan yang terbaik untuk tim masing-masing,” kata Shin dalam konferensi pers jelang pertandingan, Kamis (5/5).

Shin harus mengakui bahwa selama menangani timnas Indonesia, ia belum pernah berhasil mengalahkan pasukan Park Hang-seo dalam dua pertemuan terakhir. Tapi dia memastikan itu karena materi pemain yang dimiliki oleh masing-masing tim. Menurutnya, dari segi materi pemain, Vietnam lebih baik dari pada Indonesia.