JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Adrianto berhasil menjadi Juara pertama dalam event badminton Indonesia Masters 2022 HSBC BWF World Tour Super 500, setelah mampu mengalahkan pasangan China, Liang Wekeng/Whan Chang.

Baca Juga: PSSI Diperingati Menpora, Berikut Faktanya

Dalam laga Final Indonesia Masters 2022 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (12/6/2022) tersebut, berhasil dimenangkan oleh Fajar/Rian setelah mengalahkan pasangan China yang mampu menaklukkan wakil Indonesia lainnya, yakni Marcus Gideon/Kevin Sanjaya pada partai semifinal lalu lewat permainan straight set, yakni 21-10 dan 21-17.

Sejak laga dimulai, Fajar/Rian mampu tampil mendominasi, hasilnya pada interval pertama, pasangan nomor 7 dunia tersebut mengakhiri interval set pertama dengan skor 11-3.

Usai interval, pasangam China berusaha keluar dari tekanan Fajar/Rian, namun usaha tersebut tak membuahkan hasil akibat permainan agresif dari wakil Indonesia tersebut. Hingga set pertama berakhir dengan skor 21-10 untuk keunggulan Fajar/Rian.

Di set kedua, pasangan Liang/Wang kini malah berusaha untuk menekan wakil tuan rumah dengan pola serangan cepat. Hasilnya, ganda putra China tersebut mampu mengungguli Fajar/Rian di interval pertama ser kedua dengan skor 9-11.

Tampil sedikit tertekan, pasangan Fajar/Rian mencoba mengubah pola permainan dan tampil semalin solid. Alhasil, wakil Indonesia itu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 14-14 akibat sejumlah kesalahan yang dibuat oleh pasangan China tersebut.

Memanfaatkan situasi tersebut, Fajar/Rian tampil semakin solid dan membuat pasangan Liang/Wang sedikit frustasi di sisa laga. Hingga Fajar/Rian mampu mengakhiri pertandingan set kedua dengan skor 21-17 dan berhasil keluar sebagai juara pada sektor ganda putra Indonesia Masters 2022.

Gelar juara pertama yang ditorehkan Fajar/Rian ini menjadi satu-satunya raihan peringkat pertama yang diraih Indonesia setelah sebelumnya di sektor ganda putri yang juga menjadi harapan tanah air, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti [7] harus takluk dari wakil China yang merupakan unggulan pertama dengan skor 18-21 dan 12-21.

Meski begitu, kemenangan pasangan Fajar/Rian ini menjadi pembuktian bagi mereka untuk mampu menjadi juara di tanah air sendiri. Selain itu, ini juga merupakan pencapaian luar biasa bagi wakil Indonesia, khususnya di sektor ganda putra yang tidak terkalahkan sejak gelaran Indonesia Masters 2018 lalu.