OLAHRAGA – Olahraga lari merupakan jenis kegiatan yang banyak digemari oleh kebanyakan orang, selain mudah dan praktis juga bisa dilakukan sendirian dan dimana saja, beberapa orang berolahraga lari diwaktu yang berbeda-beda, ada yang melakukan diwaktu pagi, siang, sore hingga subuh hari tergantung kenyamanan dan kebutuhan setiap orang, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Bumil Wajib Tahu, 5 Olahraga yang Menyehatkan

Berikut manfaat lari pagi bagi kesehatan dikutip dari Daya.com:

1. Meningkatkan Energi dan Stamina

Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa meningkatkan stamina sekaligus mengurangi kelelahan. Hal tersebut dikarenakan ketika olahraga dilakukan, oksigen serta nutrisi lainnya mengalir ke paru-paru dan jantung, kemudian bantu tingkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina.

2. Meningkatkan Fokus

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine Tahun 2019, dimana dikatakan bahwa olahraga di pagi hari dapat meningkatkan perhatian, pembelajaran visual, dan juga pengambilan keputusan.

Sehingga, orang yang rutin olahraga di pagi hari, termasuk lari, terlebih jika dibarengi dengan istirahat yang cukup biasanya akan lebih fokus juga konsentrasi.

3. Menaikkan Mood

Aktivitas fisik di pagi hari dapat meningkatkan serotonin, dopamin, dan juga endorfin dalam otak akan berpengaruh suasana hati yang baik. Selain itu, manfaat lari pagi lainnya adalah cenderung membuat kita merasa lebih bahagia, bersemangat dan memiliki motivasi lebih.

4. Meningkatkan Nafsu Sarapan

Makan di pagi hari tersebut menjadi salah satu sebab dari meningkatnya fokus serta berpengaruh pada pengambilan keputusan serta kondisi berat badan seseorang. Dengan olahraga di pagi hari, termasuk lari, kita dapat merasakan berbagai manfaatnya tersebut.

5. Mengontrol Nafsu Makan

Sebuah studi mengatakan bahwa olahraga dapat membantu kita dalam mengontrol nafsu makan, tepatnya dengan mengurangi hormon ghrelin atau hormon rasa lapar. Aktivitas fisik juga dapat membantu tingkatkan hormon kenyang seperti peptida YY dan GLP-1. Dalam penelitian lain disebutkan bahwa, olahraga selama 45 menit di pagi hari dapat mengurangi respon terhadap gambar makanan.

6. Paru-paru Lebih bersih dan Menguatkan kekuatan Tulang dan Sendi

Selain itu, manfaat lari pagi dapat menguatkan kekuatan sendi dan tulang. Aktivitas fisik yang dapat menahan beban tersebut dapat menjaga kepadatan dan kekuatan tulang pada tubuh kita.

7. Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat lari pagi yang tak kalah penting adalah dapat bantu tingkatkan imunitas kita, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga:Persatuan Olahraga Kemenkumham Akomodir 15 Cabang Olahraga Bagi Pegawai, Termasuk E-Sports