JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti ungkap kunci kalahkan Vietnam di final sehingga Garuda Asia jadi juara Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8/2022) malam.

Baca Juga : Ramai Dikunjungi Wali Kota, Bima Arya: Booth Makassar Impresif

Bima tidak memungkiri bahwa permainan Vietnam berkembang pesat setelah Indonesia menang di laga penyisihan Grup A, Sabtu (6/8/2022).

Legenda Timnas Indonesia tersebut mengatakan, penampilan pasukan Nguyen Quoc melawan Thailand di semifinal sangat berbeda dengan saat dikalahkan dari Indonesia.

Ia meyakini hal itu tak lepas dari hasil latihan Vietnam dengan talenta mudanya, antara lain training camp (TC) di Jerman dan uji coba dengan tim Bundesliga.

“Kita memang sempat nonton video, karena kita sempat rekam video antara Thailand vs Vietnam. Mereka memang perubahannya sangat-sangat signfikan dan mereka memang tim yang bagus, yang dipersiapkan lama,” katanya.

“Saya ngobrol sama pelatihnya (Nguyen Quoc Tuan), mereka sempat ke Jerman. Saya bilang saya enggak, saya di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) saja,” candanya, dilansir cnnindonesia.com

Timnas Indonesia U-16 baru saja memulai pemusatan latihan jelang Piala AFF U-16 2022 di Yogyakarta pada 11 Juli. Persiapan yang terlalu sedikit bukan menjadi alasan tim Garuda Asia meraih kesuksesan tertinggi.

Selain itu, Bima mengatakan tim yang berperan besar dalam kemenangan Indonesia di Piala AFF U-16 2022 adalah kerja keras dan kekompakan para pemain.

Gelar Piala AFF U-16 2022 menjadi milik Timnas Indonesia U-16 setelah tim Garuda Asia menang 1-0 atas Vietnam. Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh gelandang Muhammad Kafiatur Rizky di injury time babak pertama.

Gelar Indonesia tahun ini merupakan yang kedua setelah Piala AFF U-16 2018. Empat tahun lalu Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Thailand melalui adu penalti.