RAKYAT.NEWS, Olahraga – Keputusan Asnawi Mangkualam Bahar tak memperpanjang kontrak dan hengkang ke Jeonnam Dragons disesalkan pelatih Ansan Greeners, Lim Jong-heon. Lim Jong mengakui masih membutuhkan tenaga Kapten Timnas Indonesia itu untuk mengarungi kompetisi K League 2 musim 2023.

“Sangat disayangkan. Pemain asing seperti Duarte dan Asnawi sebetulnya akan sangat membantu tim dan individu mereka sendiri jika tetap bersama tim selama satu tahun lagi,” ujar Jong-heon dalam wawancaranya dengan laman Hankook Ilbo dilansir dari Goal.com, Jumat, 3 Februari 2023.

Asnawi memilih bergabung dengan Jeonnam Dragons pada tahun ini setelah selama dua musim memperkuat Ansan. Bek kanan ini tampil di 40 pertandingan, dan menyumbang dua gol. Jong-heon sebetulnya menginginkan Asnawi bersama Robson Duarte bertahan satu tahun lagi di Ansan.

Jong mempunyai rencana untuk kedua pemain tersebut. “Kini dengan sisa waktu sekitar satu bulan hingga awal musim, para pemain pengganti belum menunjukkan penampilan sejelas pemain yang hengkang. Tapi mereka mempunyai potensi,” ujar Jong.

Jong-heon datang dengan menyandang status pelatih Ansan sejak pertengahan musim lalu untuk menggantikan Cho Min-kook yang tidak berhasil mengangkat performa Ansan. Di bawah kepemimpinan Min-kook, Asnawi tidak mendapatkan kesempatan bermain yang cukup, dan lebih sering berada di bangku cadangan. Saat itu Min-kook beralasan Asnawi terkendala dengan cuaca dingin.

Namun kehadiran Jong-heon kembali memberikan gairah bagi Asnawi. Mantan penggawa PSM Makassar itu memperlihatkan performa cemerlang di putaran kedua, dan menjadi pilihan utama Jong-heon bila tak menghadapi kendala kebugaran.

“Filosofi kepelatihan saya adalah dengan cepat mencari tahu di mana kekuatan pemain ini, dan kemudian melakukan apa yang dia kuasai dengan lebih baik, dan melakukannya sesuai dengan hatinya,” beber Jong-heon.