RAKYAT.NEWS, Semarang – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan, dalam waktu dekat dirinya bakal mengadakan sarasehan di Jawa Timur pada 4 Maret 2023, memuat pemaparan visi misi PSSI yang disepakati bersama-sama sekaligus membahas kelanjutan liga dua.

“Liga dua, harapannya liga dua kembali,” ungkap Erick saat ditanya awak media usai menghadiri Workshop dan Rapat Koordinasi Nasional Pemenangan Pemilu Partai Amanat Nasional (PAN), di Hotel Padma Semarang, Minggu kemarin seperti dilansir Kompas.com, Senin, 27 Februari 2023.

Ditegaskan, visi misi itu bukan dirinya tetapi visi misi masyarakat sepak bola. Dia mencontohkan, selama ini publik kerap menghakimi wasit seolah semuanya bermain kotor tanpa menelisik secara detail hingga kehidupan para wasit.

“Kenapa saya turun? Kemarin contoh melihat wasit, selama ini kan persepsinya yang merusak sepak bola itu wasit, tetapi kita enggak pernah melihat keadaan hidup wasit sendiri yang kehidupannya pas-pasan. Tapi dihukum seakan-seakan kotornya dari mereka. Banyak juga saya yakin wasit yang bersih,” bebernya.

Dalam pemaparan visi misi, pihaknya juga mulai mendiskusikan format liga 1 dan liga 2 sampai mencapai kesepakatan. Lalu hasilnya akan diumumkan. “Baru nanti ada sarasehan dangan Asosiasi Provinsi (Asprov) dan liga 3, semuanya harus satu-satu,” imbuhnya.

Menurutnya pekerjaan itu tidak mungkin kita selesaikan semuanya sekaligus dalam satu waktu. tapi harus sedikit demi sedikit. Baginya yang terpenting adalah komitmen menyelesaikan pekerjaan dan bukan hanya wacana. “Sama kita akan buktikan penyelenggaraan U-20 yang sangat mepet ini kita harus berbuat yang terbaik untuk Indonesia. Kalau enggak Indonesia tercoreng mukanya. Dan ini event nomor dua terbesar yang dimiliki FIFA,” tandas Erick Thohir.