RAKYAT.NEWS, Olahraga – Tim U-20 Indonesia akan segera memulai perjuangan mereka di Piala Asia U-20 2023 dengan melawan Timnas Irak U-20. Pertandingan perdana ini akan digelar di Lokomotiv Stadium, Tashkent pada Rabu, 1 Maret 2023, pukul 19.00 WIB.

Pelatih Tim U-20 Indonesia, Shin Tae-yong, memastikan bahwa Arkhan Fikri dan rekan-rekannya telah siap menghadapi Irak meskipun harus berhadapan dengan segala keterbatasan di turnamen ini.

“Kami datang ke sini untuk berpartisipasi di turnamen ini. Kami sudah bersiap-siap dengan baik menjelang pertandingan pertama besok (hari ini),” ucap Shin dilansir dari laman resmi PSSI.org, Rabu pagi.

Piala Asia U-20 menjadi ujian pertama bagi Tim U-20 Indonesia sebelum mereka mengarungi dan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

“Meski kami akan tampil di Piala Dunia U-20, turnamen ini tetap penting bagi kami. Sebab ini adalah kesempatan kami untuk menyaksikan performa para pemain,” kata Shin.

Shin juga menyinggung tentang kondisi Zanadin Fariz. Gelandang asal Persis Solo tersebut sempat mengalami cedera saat bermain untuk Tim U-20 Indonesia dalam uji coba beberapa waktu lalu.

“Pergantian yang kami lakukan dilakukan karena kondisi fisiknya yang tidak baik dan cederanya kambuh. Nampaknya dia tidak bisa berpartisipasi di turnamen ini,” tutur Shin.

Shin juga memperbaiki persoalan penyelesaian akhir Tim U-20 Indonesia dan memastikan bahwa suhu udara yang mencapai 2 derajat celcius di Tashkent bukan lagi menjadi masalah bagi Garuda Nusantara.

“Kami terus melatihnya dan mengembangkannya. Aspek finishing adalah hal yang sedang kami tingkatkan. Turnamen ini adalah kesempatan untuk mempertajam kemampuan penyelesaian pemain,” imbuh Shin.