PAPUA – Tim futsal tuan rumah Papua berhasil menyabet medali emas usai membungkam perlawanan Jawa Barat (Jabar) dengan skor 4-2 pada perebutan juara pertama Final Futsal PON XX Papua 2021, Minggu (3/10/2021).

Baca Juga: Hasil Futsal PON XX Papua: Bungkam Jatim 1-5, NTB Raih Perunggu

Pada babak pertama laga final tersebut, tim tuan rumah Papua mampu unggul lebih dulu lewat gol yang diciptakan oleh Muhammad Najib.

Papua kembali mampu menambah golnya melalui Pieter Marchelino Ireeuw. Alhasil, Papua unggul 2-0 NTB atas Jabar.

Jabar yang ketinggalan dua gol bermain dengan memberikan tekanan di menit-menit akhir babak pertama. Alhasil, Rio Pangestu sukses memperkecil mengejar ketertinggalan menjadi 2-1.

Hingga babak pertama usai, skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah Papua atas Jabar.

Memasuki babak kedua, Jabar yang ketinggalan satu gol terus mencoba menggempur rapatnya lini pertahanan Papua. Hasilnya, Rio pangestu mencetak gol keduanya atas Papua. Skor sementara sama kuat 2-2 bagi kedua tim.

Di sepulu menit akhir laga, Papua yang sejak awal menargetkan emas pada cabang olahraga (Cabor) futsal ini bermain lebih offensif.
Hasilnya, tim tuan rumah kembali berhasil unggul lewat FX Mikus Tanu, skor sementara 3-2.

Memasuki 5 menit akhir laga, Jabar memaksakan untuk dapat mengejar ketertinggalannya dengan melakukan taktik ‘Power Play’ alias kiper juga ikut menyerang.

Alih-alih menyamakan skor, Jabar malah menerima kebobolan oleh Brian Ick akibat salah dalam melakukan operan. 4-2 untuk keunggulan Papua atas tim tamu.

Hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit, skor 4-2 bertahan untuk keunggulan Papua atas Jawa barat. Sehingga dengan hasil ini menjadikan tuan rumah sebagai peraih medali emas pada Cabor Futsal PON XX.