RAKYAT NEWS, SURABAYA – Timnas U19 Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF U19 2024 setelah mengalahkan Malaysia dalam pertandingan dramatis.

Pertandingan antara Indonesia vs Malaysia berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu malam (27/07/2024), dengan skor akhir 1-0 untuk kemenangan Indonesia.

Gol tunggal yang membawa kemenangan bagi Garuda Muda dicetak oleh Muhammad Alfharezzi Buffon pada menit ke-78. Timnas U19 Indonesia selanjutnya akan bertemu Thailand di final setelah Thailand juga berhasil melaju dengan kemenangan tipis 1-0 atas Australia.

Pertandingan dimulai dengan beberapa peluang bagi kedua tim. Timnas Indonesia memiliki peluang yang cemerlang melalui sundulan Arkhan Kaka, namun sayangnya bola hanya mengenai jaring luar gawang. Di menit keenam, Malaysia juga mengancam gawang Indonesia.

Kiper Indonesia, Ikram Algiffari, berhasil menyelamatkan gawangnya, tetapi bola jatuh ke kaki pemain Malaysia lainnya di luar kotak penalti. Beruntungnya, Dony Tri Pamungkas berhasil memblokir bola itu sehingga tidak berbuah gol bagi Malaysia. Malaysia terus memberikan tekanan kepada pertahanan Indonesia.

Indonesia juga memiliki kesulitan untuk menembus pertahanan Malaysia. Meskipun demikian, tim asuhan Indra Sjafri beberapa kali mendapatkan peluang dalam permainan terbuka pada menit ke-30.

Hasil kerja sama mereka hampir menghasilkan gol, namun upaya mereka digagalkan oleh pemain belakang Malaysia. Tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai dengan skor imbang 0-0.

Permainan semakin sengit di babak kedua. Indonesia mendapatkan peluang emas pada menit ke-63 melalui tendangan Dony di depan gawang Malaysia, tetapi tendangannya bisa dihalau dan berbuah tendangan pojok.

Indonesia terus menekan dan mencoba mencetak gol. Welber Jardim memiliki kesempatan pada menit ke-74, namun tendangannya melebar di atas mistar.

Tony Firmansyah, yang masuk sebagai pengganti di menit ke-74, hampir mencetak gol namun tendangannya terlalu tinggi.