RAKYAT NEWS, SURABAYA – Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-19 2024 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 1-0 dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada hari Senin (29/7).

Indonesia memulai pertandingan dengan menekan Thailand sejak awal pertandingan, namun Thailand mulai menguasai permainan setelah beberapa menit.

Pada menit ke-15, Thailand hampir mencetak gol melalui tendangan keras Thanawut Phochai yang sayangnya mengenai tiang gawang. Sementara itu, Indonesia juga menciptakan peluang pada menit ke-17 melalui Arlyansyah Abdulmanan namun masih bisa diantisipasi bek Thailand.

Indonesia akhirnya berhasil mencetak gol melalui sepak pojok yang diubah menjadi gol oleh Jens Raven pada menit ke-18. Meskipun Thailand mencoba untuk menyamakan kedudukan, upaya Piyawat Petra dan Thanawut Phonchai belum membuahkan hasil.

Pertandingan berlanjut di babak kedua dengan Indonesia tetap menunjukkan serangan yang ganas. Meski Thailand mencoba untuk merespons, pertahanan Indonesia tetap solid. Hingga akhir pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil mengukir sejarah dengan meraih gelar juara Piala AFF U-19 untuk kedua kalinya. Sebelumnya, Indonesia juga menjadi juara pada edisi 2013 di bawah arahan Indra Sjafri.