RAKYAT NEWS, SOLO – Arema FC berhasil menjadi juara Piala Presiden 2024 setelah mengalahkan Borneo FC Samarinda. Ini merupakan gelar keempat bagi Arema FC dalam turnamen pramusim ini.

Arema FC meraih kemenangan melalui adu penalti dalam pertandingan yang digelar di Stadion Manahan, Solo, pada hari Minggu (4/8/2024). Setelah bermain imbang 1-1 selama waktu normal, Arema FC berhasil mengalahkan Borneo FC dengan skor 5-4 dalam adu penalti.

Di awal pertandingan, kedua tim lebih fokus pada pertarungan di lini tengah lapangan. Baik Borneo maupun Arema bermain terbuka dengan saling menyerang secara bergantian.

Meskipun begitu, kedua tim kesulitan untuk menciptakan peluang yang jelas untuk mencetak gol. Kesempatan terbaik Arema FC muncul pada menit ke-10 melalui Dalberto Luan.

Dalberto mendapatkan kesempatan tembak dari luar kotak penalti tanpa adanya tekanan, namun tendangannya melebar ke sisi kiri gawang Borneo.

Borneo kemudian hampir mencetak gol saat Stefano Lilipaly melakukan tendangan bebas yang disambut oleh Ronaldo Rodrigues, tetapi bola melambung di atas mistar.

Pada menit ke-37, Arkhan Fikri mendapat peluang setelah menerima umpan dari Dalberto, tetapi tendangannya masih bisa ditepis pemain belakang Borneo.

Selanjutnya, Terens Puhiri mendapat kesempatan namun umpannya ditepis oleh kiper Borneo.

Di babak kedua, Arema FC berhasil mencetak gol pertama melalui Wilian Marcilio. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Arema setelah tendangan Marcilio dari depan kotak penalti.

Charles Lokolingoy hampir menambah keunggulan timnya namun sundulannya hanya mengenai mistar gawang.

Pada menit-menit akhir pertandingan, Borneo harus bermain dengan 10 pemain setelah Stefano Lilipaly menerima kartu merah dari wasit setelah melalui peninjauan VAR.

Dalam waktu injury time, gol yang dicetak Lokolingoy dibatalkan karena terjadi handball oleh Dedik Setiawan sebelum terjadinya gol itu.