RAKYAT NEWS, JAKARTA – Keputusan kontroversial tidak hanya terjadi di sepak bola putra selama PON 2024, tetapi juga di cabang tinju.

Pertarungan antara petinju asal Sumatera Utara (Sumut) Joshua Juan Vargas Harianja dan Rusdianto Suku dari Lampung menjadi viral karena keputusan kontroversial wasit dalam pertandingan tinju putra kelas 75-80 kg di Auditorium Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, pada Sabtu (14/9).

Dalam video yang beredar luas di media sosial, kejanggalan terlihat saat Joshua jatuh setelah menerima pukulan keras dari Rusdianto selama ronde ketiga.

Pada saat pertama jatuh, wasit menghitung tetapi kemudian meminta Joshua untuk kembali ke sudut ring untuk memperbaiki pelindung tinjunya. Joshua pun kembali ke pertarungan.

Selanjutnya, Joshua kembali diserang dengan pukulan keras oleh Rusdianto. Meskipun sempat terguncang, Joshua melanjutkan pertarungan.

Tak lama kemudian, Rusdianto kembali memberikan pukulan keras yang membuat Joshua terguncang dan jatuh. Wasit kembali menghitung, namun kemudian meminta petinju asal Sumut itu untuk kembali ke sudut.

Terdapat insinuasi bahwa Joshua mencoba memperlambat waktu dengan melepas pelindung mulutnya, yang seharusnya tidak diperbolehkan selama pertandingan.

Meskipun begitu, Joshua berhasil melanjutkan pertarungan hingga akhirnya wasit memberikan kemenangan angka kepada Joshua dengan skor 10-9, 10-9, 10-9 dalam tiga ronde, mengakhiri pertandingan secara mengejutkan.