RAKYAT NEWS, JAKARTA – Menurut media China, Timnas Indonesia berpotensi dikenakan sanksi oleh AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) akibat insiden yang terjadi saat melawan Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pertandingan selanjutnya Timnas Indonesia adalah melawan China di Stadion Qingdao pada Selasa (15/10) malam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Media China, Sohu, menyebut bahwa Timnas Indonesia bisa dikenai sanksi oleh AFC karena keributan yang terjadi setelah pertandingan melawan Bahrain.

Unrest terjadi karena Indonesia merasa tidak puas dengan keputusan wasit Ahmed Al Kaf yang dianggap kontroversial. Keputusan wasit tersebut, terutama terkait waktu tambahan cedera (injury time), diyakini merugikan Indonesia.

Salah satunya adalah saat wasit memberikan tambahan waktu 6 menit, namun pertandingan baru diakhiri setelah Bahrain mencetak gol penyeimbang pada menit ke-11.

“Usai pertandingan, pemain Indonesia dan Bahrain yang marah sempat bentrok dengan keras. Bek pengganti Shayne Pattynama melambaikan tangan dengan nada menghina ke arah wasit. Petugas keamanan stadion akhirnya turun ke lapangan untuk mengendalikan situasi dan mengisolasi pemain dari kedua kubu yang berkonflik,” tulis Sohu.

“Atas perilaku buruk pemain Indonesia usai pertandingan, AFC bisa saja memberikan sanksi kepada kedua belah pihak yang terlibat, sehingga kedua tim terancam sanksi berat berupa pengurangan poin dari AFC.” lanjutnya.

Pengurangan poin bagi Bahrain dan Indonesia dianggap akan menguntungkan China dengan membuka peluang untuk melewati kedua tim tersebut di klasemen Grup C.

“Tim China akan berada di posisi yang bagus dan timnas China nantinya bisa menyalip mereka, lolos dari grup, dan lolos ke babak play-off.”