RAKYAT NEWS, JAKARTA – Asosiasi Sepak Bola Oman (OFA) telah memberikan respons terhadap insiden intimidasi terhadap wasit Ahmed Al Kaf dan asistennya setelah memimpin pertandingan antara Bahrain dan Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (10/10).

Al Kaf menjadi pusat perhatian setelah memimpin laga ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia dianggap oleh suporter Indonesia telah mengambil keputusan yang merugikan tim pelatihan Shin Tae Yong pada pertandingan yang berakhir dengan skor imbang 2-2.

“Asosiasi Sepak Bola Oman mengutuk keras serangan yang tidak beralasan dan penggunaan bahasa yang mengancam dan mengintimidasi kepada wasit internasional Oman Ahmed Al Kaf dan asistennya setelah pertandingan antara Bahrain dan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia zona Asia,” tulis pernyataan OFA dalam sebuah unggahan di akun X.

OFA yakin bahwa Al Kaf telah menjalankan tugasnya dengan baik, mengikuti prinsip-prinsip yang seharusnya dipegang oleh wasit level internasional dalam pertandingan antara Bahrain dan Indonesia.

“Federasi Oman menegaskan penolakan mutlak terhadap perilaku di luar konteks tersebut oleh sejumlah fans Indonesia dan beberapa pihak, serta memperingatkan tentang konsekuensi dari perilaku di luar konteks tersebut dan menekankan komitmen staf Oman sepanjang sejarah mereka yang terhormat terhadap tingkat profesionalisme tertinggi dan penerapan tingkat transparansi, integritas, dan netralitas tertinggi sesuai dengan standar internasional yang membuat mereka memenuhi syarat untuk menjadi wasit elit di Asia,” lanjut pernyataan tersebut.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut OFA juga menggunakan momen tersebut untuk membela Ahmed Al Kaf dan mendorong asosiasi sepak bola lain, termasuk AFC, untuk melindungi wasit dalam menjalankan tugasnya.

“Asosiasi Sepak Bola Oman menyerukan Federasi Internasional dan Asia untuk memikul tanggung jawab sesuai dengan peraturan dan sistem yang berlaku untuk melindungi wasit dan memastikan keselamatan dan keamanan mereka.”

“Asosiasi menegaskan bahwa mereka terus melangkah maju dalam koordinasi dengan otoritas terkait untuk mencapai tujuan yang sama,” sebut OFA.

Di bagian akhir pernyataan OFA menegaskan dukungan mereka terhadap Ahmed Al Kaf dan kepercayaan mereka terhadap integritas wasit tersebut dalam memimpin pertandingan internasional.

“Asosiasi Sepak Bola Oman sekali lagi berjanji untuk melanjutkan dukungan terhadap tim wasit Oman yang dipimpin wasit internasional Ahmed Al Kaf, yakin dengan kompetensi mereka, memuji level mereka, dan berharap kesuksesan serta bimbingan mereka dalam karier kontinental dan internasional,” tutup pernyataan tersebut.