RAKYAT.NEWS, Makassar – PSM Makassar berhasil menekuk tamunya Barito Putera dengan skor akhir 4-1. Laga berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie, Kamis, 9 Februari 2023. Gol kemenangan Juku Eja diciptakan, Yakob Sayuri (28’), Ramadhan Sananta (70’), Wiljan Pluim (75’, 77’).

Sementara gol Laskar Antasari diciptakan Bayu Pradana (18’). Meski unggul di kandang sendiri, namun PSM masih tak puas dan menyoroti kinerja wasit, David Son Sasube yang memimpin laga. Tuan rumah menganggap keputusan wasit tidak adil.

“Kontroversi sempat terjadi sebelum Barito Putera unggul. Yakni ketika wasit membiarkan pelanggaran terhadap Wiljan Pluim di kotak penalti,” kata Media Office PSM Sulaiman dalam keterangan tertulis yang diterima, usai laga Kamis malam.

Padahal menurut Sulaiman, selain wasit yang memimpin pertandingan, momen pelanggaran itu juga sangat dekat dengan asisten wasit tambahan di dekat gawang Barito Putera.

“Kalau kita lihat di tayangan televisi memang jelas. Tapi wasit biarkan. Pemain atau pelatih mungkin tidak protes karena bisa saja wasit malah mengeluarkan kartu kuning,” terang Sulaiman.

Momen lainnya yang jadi kontroversi adalah jumlah tambahan waktu di akhir babak pertama yang hanya 1 menit. Padahal pertandingan cukup sering terhenti. “Terutama saat kiper Barito Putera Joko Ribowo mendapatkan perawatan karena cedera,” tegas Sulaiman.

Kemenangan ini, membuat tim Ayam Jantan dari Timur kokoh di puncak klasemen sementara dengan torehan 47 poin. PSM ditempel Persib Bandung dengan 45 poin.