RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kekalahan 2-4 Vietnam dari Jepang di Grup D Piala Asia 2023 terbilang merugikan Timnas Indonesia. Vietnam tampil impresif meski kalah 2-4 dari Jepang pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023, di Stadion Al Thumama, Doha, Minggu (15/1/2024). 

Tim The Golden Stars bahkan sempat memimpin 2-1 atas Jepang di babak pertama. Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier mengaku sangat puas dengan penampilan timnya meski kalah dari Jepang. Pelatih asal Prancis itu menyebut kekalahan 2-4 penting bagi Vietnam.

“Saya puas, karena saya menganggap pertandingan melawan Jepang bagian dari proses untuk lolos. Ini bukan pertandingan sistem gugur, jika kami menang atau kalah, kompetisi belum selesai untuk kami, atau untuk Jepang,” ujarnya, dilansir situs resmi AFC.

Kekalahan 2-4 yang dialami Vietnam jelas merugikan Timnas Indonesia yang bersaing memperebutkan posisi ketiga terbaik. Berdasarkan regulasi Piala Asia 2023, jika dua tim atau lebih memiliki poin yang sama, adalah: head to head lebih dulu, selisih gol tim-tim yang terlibat, dan kemudian produktivitas gol.

“Fakta bahwa kami mencetak dua gol bisa menjadi detail penting, karena di atas kertas kami seharusnya finis di tiga besar dan kami siap finis di tiga besar,” ucapnya.

Selain itu faktor disiplin tim juga akan menentukan. Kondisi itu membuat Troussier cukup senang, pasalnya timnas Vietnam mampu mencetak dua gol ke gawang Jepang dan tidak ada pemain yang mendapat kartu kuning.

“Jika kami ingin finis di tiga besar, maka semua bisa terjadi karena detail kecil. Hari ini kami tidak mendapat kartu kuning, tidak ada kartu merah, dan kami mencetak dua gol. Saya lebih suka kalah 2-4 daripada 0-2. Inilah yang kami butuhkan,” kata Troussier menambahkan.

Mengingat kualitas dan level permainan Jepang, kekalahan 2-4 timnas Vietnam hasil yang cukup impresif. Sebelumnya Jepang mampu mencukur Thailand 5-0 di laga uji coba jelang Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023, 24 Januari mendatang. Malam ini, Senin (15/1), Indonesia akan melakoni laga pertama melawan Irak mulai pukul 21.30 WIB.

(rn/cnn)