RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier mengatakan laga melawan Indonesia di Piala Asia 2023 sangat penting bagi tim The Golden Star. Hal itu diungkapkannya dalam konferensi pers, di Hanoi, pada Kamis (4/1/2023). 

Troussier mengatakan para pemain Vietnam siap untuk Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari. 

“Timnas Vietnam akan menjalani pertandingan dengan pendekatan seperti biasa. Baik Jepang dan Irak adalah dua tim kuat, dan Indonesia bukan lawan mudah untuk dikalahkan. Saya ingin semua pemain aktif berpartisipasi,” ujarnya.

Troussier mengatakan pertandingan melawan Timnas Indonesia sangat penting. Selain di atas kertas, laga melawan Indonesia kemungkinan besar akan dimenangkan oleh Vietnam, kemenangan melawan tim Garuda juga bisa membuka peluang merebut tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

“Di laga pertama Vietnam akan melawan Jepang. Secara teori kami mungkin akan kalah di 9 pertandingan, tapi mungkin di satu laga Vietnam bisa mendapatkan poin, atau bahkan menang,” ujarnya.

Vietnam akan menjalani laga pertama Piala Asia 2023 melawan Jepang pada 14 Januari, disusul Indonesia pada 19 Januari dan Irak di pertandingan terakhir pada 24 Januari mendatang.

“Untuk melawan Indonesia, saya menganggap pertandingan ini sangat penting, hasil melawan Indonesia mungkin akan menentukan tiket ke babak selanjutnya. Untuk Irak, jelas mereka tim kuat dan tidak mudah bagi kami. Tapi, kami selalu punya peluang,” katanya.

Vietnam tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Indonesia. Troussier mengatakan tiga lawan Vietnam di Grup D sangat kuat, termasuk Indonesia.

Troussier kehilangan sembilan pemain untuk Piala Asia 2023, termasuk kapten Que Ngoc Hai. Selain itu ada Dang Van Lam, Nguyen Duc Chien, Bui Tien Dung, Nguyen Thanh Chung, Hoang Van Toan, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thanh Nhan, dan Nguyen Tien Linh.

(rn/cnn)