RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga membantah pihaknya telah mendekati Park Hang Seo untuk menggantikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (STY).

“Tidak benar,” katanya, Senin (18/12/2023) pagi.

Rumor Park Hang Seo akan menggantikan STY muncul dari pemberitaan media Korea Selatan, MSN yang dikutip media Vietnam, Soha. Kabarnya, Park Hang Seo sudah mendapat tawaran resmi dari PSSI.

“Park Hang Seo sudah menerima tawaran yang sulit ditolak. Berdasarkan laporan wartawan Lee Geun Soo, PSSI sedang berencana merekrut Park Hang Seo untuk mengganti Shin Tae Yong,” tulisnya.

Park Hang Seo yang pernah melatih timnas Vietnam dinilai menjadi kandidat kuat suksesor STY. Pengalaman mengelola tim Asia Tenggara menjadi alasan mengapa ahli strategi asal Korea Selatan itu bisa bekerja sama dengan baik bersama Timnas Indonesia.

Namun laporan media Korea Selatan itu menyebut kontrak STY habis pada Januari 2024. Padahal, PSSI sudah sepakat mempertahankan STY hingga Juni 2024. STY juga baru memperpanjang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) di kantor imigrasi. Ini jadi isyarat eks pelatih timnas Korea Selatan bakal tetap di Indonesia dalam waktu dekat.

Dengan kontrak yang diperpanjang hingga Juni 2024, maka STY bakal memimpin Timnas Indonesia di berbagai ajang penting seperti Piala Asia 2023, Piala Asia U-23 2024, hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hang Seo saat ini masih terlibat dalam pembibitan sepak bola Vietnam, seperti mengadakan kompetisi di level junior.

Sebelumnya sempat muncul pula kabar burung Hang Seo diincar timnas Singapura dan salah satu klub asal Vietnam.

(rn/cnn)