RAKYAT.NEWS, DOHA – Tim nasional (timnas) elektronik sport (e-Sport) Indonesia mengukir sejarah sebagai juara AFC eAsian Cup Qatar 2023 edisi pertama setelah mengalahkan Jepang di final dengan selisih angka 2-0. Laga final AFC eAsian Cup Qatar 2023 berlangsung di Virtuocity esport Arena, Doha, Qatar, Senin (5/2/2024) Wita. 

Timnas eSport Indonesia yang diwakili oleh Rizky Faidan, Elga Cahaya Putra dan Akbar Paudie memastikan gelar juara tersebut setelah menumbangkan tim Jepang dengan dua game langsung. 

Dalam game pertama, kemenangan tim eSport Indonesia diraih setelah bermain imbang 1-1 dalam 120 menit waktu normal, namun berhasil menang skor 3-2 lewat drama babak adu penalti. 

Pada game kedua, Faidan dkk kembali meraih  kemenangan setelah berhasil mencetak gol tunggal pada menit 101′ babak extra time, yang bertahan sampai pertandingan selesai, hingga akhirnya membuat Indonesia menang 2-0 di partai final dan keluar sebagai juara AFC eAsian Cup Qatar 2023.

Akun sosial Instagram resmi penyelenggara AFC eAsian Cup Qatar 2023, @afcasiancup, mengungkapkan bahwa kemenangan pada partai puncak ini tentunya menjadi sejarah bagi Indonesia yang keluar sebagai juara satu untuk event yang baru pertama kali digelar terus. 

“Indonesia are the first-ever #eAsianCup Championship,” jelasnya. 

PERJALANAN INDONESIA MENUJU FINAL

Babak Grup:

Perjuangan Timnas eSport Indonesia dimulai pada babak fase grup, yang di mana berhasil mencatatkan 3 kemenangan dan 1 kekalahan. Faidan dkk tergabung dalam grup D, terdiri dari negara Jepang dan Vietnam. 

Indonesia mampu menang 2 kali menghadapi Vietnam, yakni dengan skor 0-5 pada laga pertama dan 1-0 di pertandingan kedua. Namun ketika menghadapi Jepang, Faidan dkk hanya mampu menang satu kali, yaitu dengan skor 5-1 dan kekalahan dengan skor tipis 2-1.

Hasil ini membawa Indonesia meraih peringkat teratas dan membawanya keluar sebagai juara grup D dengan nilai 9 poin. Sementara runner-up diisi oleh Jepang dengan 6 poin, serta Vietnam dengan nilai 3 poin. 

Babak 16 Besar:

Pada babak 16 besar, pertandingan menggunakan sistem gugur atau fase knockout, yang dimana Indonesia menghadapi Korea Selatan. 

Di pertandingan ini, Indonesia memberikan hasil positif setelah berhasil menang dua game langsung dengan skor meyakinkan, yakni 2-0 pada lag pertama dan 0-2 untuk lag kedua. Sehingga hasil ini membawa Faidan dkk melaju ke babak perempat final atau 8 besar. 

Babak Perempat Final (8 Besar) :

Pada babak perempat final, Indonesia bertemu dengan negara tangguh lainnya yakni Uni Emirat Arab (UEA). Meski begitu Faidan dkk mampu kembali menang dengan dua game langsung. 

Dalam pertandingan ini, Indonesia berhasil memberikan perlawanan cukup berarti bagi UEA setelah berhasil menang melalui dua game langsung, yaitu dengan skor 6-0 di lag pertama dan skor 1-6 pada lag kedua. Hasil ini membuatnya melaju ke fase semifinal.

Babak Semifinal (4 Besar) :

Sementara untuk babak semifinal sendiri, Faidan dkk bertemu dengan tim kuat asal Asia Tenggara lainnya, yakni Thailand. 

Dalam laga ini, Indonesia mampu mengatasi Thailand dengan dua game langsung, yaitu dengan skor 1-0 pada lag pertama dan menang atas keunggulan 1-2 di lag kedua. Hasil ini tentunya membawa Faidan dkk ke babak final yang kemudian kembali bertemu dengan Jepang.