Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada para atlet SUlsel yang telah berjuang di PON XX Papua, baik yang meraih medali maupun tidak.

“Saya mengucapkan terima kasih atas nama pribadi dan pemerintah Sulsel,” kata Andi Sudirman.

Andi Sudirman juga mengungkapkan, bahwa menurutnya semua yang terkait tergabung dalam kontingen Sulawesi Selatan pada ajang PON XX Papua merupakan patriot bagi Sulsel. Sebab mereka menjadi kebanggan keluarga yang telah mewakili 9 juta lebih warga Sulsel.

“Kami menempatkan mereka sebagai patriot olahraga Sulsel yang kita kirim. Mereka adalah orang terbaik,” ungkapnya.

Andi Sudirman juga menilai atlet Sulsel memiliki semangat bertanding yang luar biasa dengan karakter petarung. Sehingga Ia optimis bahwa prestasi lebih dapat diraih pada event olahraga selanjutnya.

Sulsel sendiri pada PON 21 tahun 2025 di Aceh-Medan nanti kembali menargetkan masuk 10 besar. Tentunya dengan menjadikan catatan PON Papua untuk persiapan yang lebih baik.

Ia menambahkan jika kedepannya, Pemprov Sulsel akan melakukan perbaikan fasilitas dan memberikan reward lebih bagi para atlet yang telah berjuang.

“Saya yakin seyakin dengan formulasi yang kita buat dan semangat eksekutif dan legislatif untuk memperbaiki penghargaan dan hadiah-hadiah. Mudah-mudahan ini memberikan motivasi,” ujarnya.

PON 20 Papua untuk kontingen Sulsel mengikut sertakan atlet-atletnya untuk 32 cabang olahraga. Kontingen Sulsel berjumlah 386 orang, terdiri dari 230 atlet, 45 pelatih, 7 asisten pelatih dan 11 mekanik, 19 monev, 7 tim medis dan 45 unsur satgas.

Pada pelaksaan PON ini kontingen Sulsel mendapatkan hasil membanggakan dengan berhasil memperbaiki peringkat menjadi posisi ke-11. Sedangkan sebelumnya pada PON 19 Jawa Barat berada pada posisi 12. Memperoleh 11 emas dari 8 cabang olahraga.