JAKARTA – Ada hal menarik dalam laga tunda pekan ke-22 BRI Liga 1 antara Persipura Jayapura vs Madura United, Senin (21/2/2022). Pasalnya, jelang kick-off pertandingan dimulai, Mutiara Hitam tak kunjung datang dan memasuki lapangan.

Baca Juga: Jelang Laga Persib vs PSM, Pasukan Ramang Kerja Keras dan Kosentrasi

Akibat kejadian itu, Komite Disiplin (Komdis) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan segera menggelar sidang terkait kasus mogok bermain dari Persipura Jayapura tersebut.

Sebelumnya, Persipura Jayapura mengajukan penundaan pertandingan dengan alasan asas fairness akibat beberapa pemainnya positif terjangkit COVID-19. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh PT LIB, dikarenakan Persipura dinilai masih memiliki cukup pemain di dalam skuad, yaitu sebanyak 21 pemain yang negatif COVID-19 dari hasil tes sebelum laga.

Terkait dengan ketidakhadiran klub ke stadion yang akan dijalaninya, PT LIB tidak dapat memberikan sanksi secara langsung ke Persipura, dikarenakan Liga 1 2021 tak membahas mengenai persoalan serupa tersebut.

Namun, Ketua Komdis PSSI, Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing, mengatakan bahwa masalah ini telah diatur pada Kode Disiplin pasal 58 yang menjadi wewenang Komdis PSSI.

“Untuk saat ini belum diserahkan (laporan dari PT LIB), jadi nanti. Kami menunggu, begitu diserahkan kami akan menggelar sidang sesegera mungkin, bisa saja malam ini,” kata Erwin dilansir detikSport.

Meski begitu, Erwin belum dapat berandai-andai terkait dengan sanksi yang akan dijatuhkan ke Persipura Jayapura. Karena, kata dia, Komdis PSSI tak bisa menilai permasalahan demikian secara jernih akibat belum ada keterangan langsung dari kedua pihak.

Hingga saat ini, tim Persipura Jayapura masih memilih diam terkait dengan tidak hadirnya mereka di stadion. Pihak Komdis PSSI hanya menerima keterangan dari PT LIB selaku penyelenggara dan Madura United yang menjelaskan kronologi mereka datang ke stadion hingga menunggu Persipura.