MAKASSAR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi curah hujan sedang hingga lebat pada Pertamina Grand Prix Of Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022, disarankan untuk tetap waspada.

Baca Juga : Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika Musim 2022

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi, Zainuddin Abdul Madjid, Nur Siti Zulaicha dalam keterangnnya menuliskan bahwa selama tiga hari ke depan Mandalika akan berpotensi berawan hingga hujan sedang

“Prospek kondisi cuaca area Mandalika selama tiga hari ke depan didominasi adanya potensi berawan hingga hujan sedang,” tulisnya, Kamis (17/3/2022).

Pada tanggal 18 Maret potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di kawasan Mandalika pada sore dan malam hari.  Sedangkan pada 19 Maret diperkirakan berawan hingga hujan sedang pada siang dan sore hari.

“Pada 20 Maret, hujan sedang hingga lebat pada siang sampai malam hari,” ungkapnya.

Untuk itu, BMKG juga mengimbau warga untuk mewaspadai kemungkinan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu.

“Potensi hujan terjadi pada siang hingga malam hari,” jelasnya.

BMKG juga mengimbau warga untuk mewaspadai gelombang tinggi hingga dua meter atau lebih di bagian utara dan selatan Selat Alas, Samudera Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat dan di Selat Sape bagian selatan.

“Warga pengguna jasa angkutan laut dan penyeberangan laut atau yang berencana beraktivitas di pesisir maupun di wilayah perairan sekitar NTB tetap waspada terhadap dampak gelombang tinggi yang terjadi,” pungkasnya.