MAKASSAR – Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Sulawesi Selatan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate tingkat provinsi yang diikuti oleh sejumlah perguruan hingga Forki kabupaten/kota se-Sulsel.

Kategori yang dipertandingkan dalam Kejurda yang digelar di Gor Sudiang, Kota Makassar kali ini yaitu sebanyak 7 kategori, antara lain yakni usia dini, pra-pemula, pemula, kadet, junior, U-21 dan senior. 

Baca Juga: Menko Airlangga Hartanto Minta Mafia Minyak Goreng Segera Ditangkap

Ketua Panitia Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate Sulawesi Selatan, Sudirman Daming, menjelaskan jika Kejurda Karate tingkat Provinsi Sulsel ini berlangsung selama tiga hari, yakni Jumat (19/3) hingga Minggu (20/3/2022). Ia juga mengatakan, jika perhelatan tersebut diikuti oleh 1020 peserta.

“Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini diikuti oleh sekitar 1020 peserta dari perguruan dan Forki Kabupaten/Kota,” kata Sudirman, Sabtu (19/3/2022).

Sudirman mengungkapkan, jika hasil dari Kejurda kali ini akan menghasilkan tim bayangan dari Pra-PON 2023 mendatang, ditambah dengan sejumlah kejuaran-kejuaraan di Sulsel lainnya.

“Hasil Kejurda ini akan dipantau dan akan digabungkan dengan hasil Por-Prov, Pra Por-Prov ditambah lagi dengan beberapa kejuaraan sebelumnya, yang akan dijadikan bayangan Pra-Pon 2023,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum FORKI Sulsel, M Amir Uskara, mengungkapkan jika Kejurda ini akan menjadi agenda tahunan dari Forki Sulsel yang sempat mengalami stuck beberapa tahun belakangan.

“Kita akan menjadikan Kejurda Forki Sulsel ini menjadi agenda tahunan, karena beberapa tahun belakang memang Forki Sulsel sempat stuck dan tidak ada kegiatan. Makanya dengan kepengurusan baru ini kita berharap ada percepatan-percepatan program yang bisa memngangkat citra Sulawesi Selatan di mata nasional dan internasional,” terangnya.

Amir Uskara menambahkan, bahwa Kejurda ini merupakan salah satu langkah Forki Sulsel dalam menciptakan regenerasi terhadap atlet-atlet karate yang berkualitas di Sulawesi Selatan.