KUWAIT – Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil memastikan satu tiket di AFC 2023 setelah sukses mengungguli Nepal dengan kemenangan tujuh bola tanpa balas dalam pertandingan ketiga grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Gol Cepat Wiljan Pluim Bawa PSM Makassar Ungguli Arema FC

Kemenangan Indonesia dalam pertandingan yang digelar di Jabar Al-Ahmed International Stadium, Rabu (15/6/2022) tersebut berhasil membuat timnas Garuda memastikan lolos setelah mampu menjadi runner-up grup A.

Timnas Indonesia masuk dalam jajaran satu dari lima tim yang menjadi runner-up terbaik dari Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah mampu mengumpulkan nilai 6 poin, berbeda 3 poin dari pemuncak klasemen yakni Jordania dengan nilai 9 poin. Skuat Garuda bergabung bersama Kyrgistan, Malaysia, Thailand, dan Hong-Kong.

Sejak awal dimulainya laga, Timnas Indonesia berupaya tampil menekan lini pertahanan Nepal. Alhasil, baru 6 menit pertandingan berjalan, Dimas Drajad mampu mencetak angka bagi skut Garuda melalui sundulannya setelah mampu memaksimalkan umpan dari Asnawi Mangkualam.

Unggul satu gol, skuat asuhan Shin Tae-yong terus berupaya menekan lini pertahanan The Gorkhalis melalui sisi sayap.

Timnas Indonesia diuntungkan dengan keunggulan jumlah pemain, setelah pada menit ke-32′ laga, Suman Aryal mengganjal Asnawi Mangkualam sebelum akhirnya dihadiahi kartu merah oleh wasit.

Hingga menit ke-40′, sejumlah peluang demi peluang yang membahayakan gawang Nepal diciptakan oleh Timnas Indonesia, namun hingga menit ke-40 skor 1-0 masih bertahan.

Baru pada menit ke-43, Witan Sulaiman berhasil menggandakan skor menjadi 2-0 setelah mampu melesatkan sepakannya ke arah sudut kanan penjaga gawang Nepal yang tampil gemilang di sepanjang babak pertama laga. Gol kedua ini juga menjadi assist kedua bagi Asnawi Mangkualam. Keunggulan 2-0 timnas Garuda bertahan hingga babak pertama usai.

Usai turun minum, skuat Garuda melakukan sejumlah pergantian pemain, namun Fachruddin Arianto dan kawan-kawan tak menurunkan tempo permainan. Mengingat, jika Timnas Indonesia unggul satu pemain.

Indonesia sempat berhasil menerima kesempatan emas untuk memperlebar keunggulan menjadi 3-0, andai sepakan Muh Rafli pada menit 50′ tidak dapat diselamatkan oleh penjaga gawang Nepal.

Baru pada menit ke-54′ laga, Skuat Garuda mampu memperlebar angka setelah kapten keseblasan Fachruddin Arianto mampu memanfaatkan kemelut hasil sapuan penyelamatan kurang sempurna oleh penjaga gawang Nepal. Skor 3-0.

Tak berselang lama, dua menit kemudian, kini Saddil Ramdhani yang menjadi aktor untuk gol keempat Timnas Indonesia. Tepatnya pada menit ke-54, aksi individu Saddil berhasil mengecoh kiper Nepal. Skor 4-0.

Indonesia hampir menambah jumlah gol andai kiper dari Nepal, Bishal Sunar, tidak tampil gemilang dengan manepis sotekan Muh Rafli (57′) dan heading dari Elkan Baggot (67′).

Baru pada menit ke-80′ laga, Elkan Baggot memperpanjang jarak timnas Indonesia atas Nepal menjadi 5-0, setelah sepakan kerasnya dari luar kotak pinalti tak mampu dihalau penjaga gawang The Gorkhalis.

Semenit kemudian, teoatnya di menit 81′ laga, giliran Witan Sulaiman mencetak gol keduanya, sekaligus menambah keunggulan skuat Garuda menjadi 6-0.

Marselino Ferdinan menjadi penutup keran gol Indonesia pada pertandingan menghadapi Nepal kali ini setelah sotekan kerasnya mampu kembali membobol gawang berjuluk The Gorkhalis tersebut. Skor 7-0.

Kemenangan ini menjadi penentu satu tiket Timnas Indonesia untuk melaju ke putaran final Piala Asia atau AFC Cup 2023, setelah harus absen selama 15 tahun lamanya.

Terakhir kali Indonesia bermain pada putaran final AFC Cup yakni pada tahun 2007 lalu, dimana Indonesia menjadi tuan rumah dari sejumlah negara asia tenggara lainnya seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand.