RAKYAT.NEWS, Olahraga – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan venue pertandingan dan insfrastruktur pendukung lain jelang Piala Dunia U-20 sudah rampung. Indonesia dipastikan siap menggelar kompetisi sepak bola bergengsi tersebut.

Piala Dunia U-20 rencananya digelar pada 20 Mei 2023 hingga 11 Juni 2023. Indonesia siap untuk membuka gelaran dunia itu. “(Pembukaan) itu sudah ditentukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK),” kata Menpora Zainuddin dilansir dari laman resmi Kemenpora.go.id, Senin, 6 Februari 2023.

Menurut Zainuddin, sebagai salah satu tuan rumah, Indonesia ditunjuk bertanggungjawab untuk proses pembukaan (opening) dan penutupan (closing) seremoni nantinya. Presiden FIFA Gianni Infantino, juga sudah merestui hal tersebut.

“Khusus untuk Indonesia (tuan rumah), ini oleh Presiden FIFA itu diizinkan kebetulan saya yang datang langsung waktu itu di Doha, Qatar menjelang pertandingan final Piala Dunia antara Prancis dan Argentina. Ini pertama sekali U-20 ada opening dan closing tapi tetap kita akan jaga supaya tidak boleh lebih meriah dari yang senior (Fifa World Cup),” terang Zainuddin.

FIFA pun sudah melakukan inspeksi langsung stadion-stadion yang akan digunakan dan telah memberikan sejumlah catatan untuk perbaikan. Sehingga, untuk saat ini pihak Kementerian PUPR selaku penanggungjawab infsrastruktur tengah melakukan sejumlah perbaikan.

“Ada beberapa catatan termasuk Stadion Si Jalak Harupat (Bandung). Jadi mereka sudah melihat seperti apa persiapan kita termasuk sarana-sarana pendukungnya,” ujar Menpora Amali usai menyaksikan pertandingan BRI Liga 1 antara Persib Bandung melawan PSS Sleman di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Minggu, 5 Februari 2023, sore.

Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 telah menyiapkan enam stadion untuk digunakan sebagai lokasi perhelatan sepak bola akbar tersebut. Yakni, Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Jakabaring (Palembang).