RAKYAT.NEWS, Olahraga – Wasit Lee Mason dikabarkan berhenti untuk memimpin pertandingan di Liga Inggris. Itu setelah ia dianggap merugikan Arsenal saat menghadapi Brentford. Berhentinya wasit Lee Mason diafirmasi oleh Badan Wasit Liga Primer (PGMOL).

“Kami berterima kasih kepada Lee atas dedikasinya untuk pertandingan profesional dan berharap yang terbaik untuknya di masa depan,” tulis pernyataan resmi PGMOL lewat akun Twitter dilansir dari Bola.net, Sabtu, 18 Februari 2023.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta sempat mengkritik kepemimpinan Lee Mason saat timnya harus bermain dengan hasil imbang. Menurut Arteta skuadnya seharusnya menang dalam pertandingan itu dan menuntut dua poin dikembalikan.

Dalam pertandingan itu, Lee Mason sempat memeriksa Var dan menghabiskan waktu tiga menit. Ia keliru karena lupa mengecek posisi pemain Brentford Christian Norgaard, yang sundulannya dikonversi menjadi gol oleh rekan setimnya dan berujung Arsenal kehilangan dua poin.

Keputusan itu digambarkan sebagai “human error” oleh PGMOL, dengan kepala wasit Howard Webb mengirimkan permintaan maaf resmi kepada Arsenal atas kesalahan yang membuat mereka kehilangan poin penting dalam perburuan gelar.

Webb mengakui “kesalahan signifikan dalam proses VAR” sebagaimana teknologi tersebut mengalami salah satu akhir pekan terburuknya.

“Lee merupakan wasit Premier League yang sudah bekerja selama 15 tahun pada 287 pertandingan di divisi teratas Liga Inggris. Secara keseluruhan, kariernya di pertandingan profesional mencapai 500 pertandingan sejak memulainya pada 1998 lalu,” tulis PGMOL.

Sumber: Bola.net – Goal.com