RAKYAT.NEWS, Olahraga – Penantian selam enam tahun puasa gelar Manchester United selesai. Mereka sukses menjuarai Carabao Cup 2023, usai menaklukkan Newcastle United 2-0 di partai final di Stadion Wembley, Senin, 27 Februari 2023, dini hari.

Gol Casemiro pada menit 33 dan bunuh diri Sven Botman menit 39 menjadi penentu kemenangan The Red Devils. Bagi pelatih MU, Erik ten Hag kemenangan ini menjadi spirit sekaligus pemicu kebangkitan moral pemainnya untuk kembali menunjukan performa terbaik.

“Saya katakan sebelum pertandingan, Rapha Varane, Casemiro, David De Gea. Mereka tahu bagaimana cara memenangkan trofi. Anda membutuhkan para pemain seperti itu di atas lapangan untuk mengarahkan tim, melatih tim, mengatur tim,” kata Ten Hag dilansir dari laman resmi MU.com, Senin.

“Tidak hanya dari segi taktis, tetapi juga, terutama, dari segi mental. Hal ini sangat penting, sikap pemenang. Mereka harus membawanya ke ruang ganti dan membawanya ke dalam tim. Dalam situasi sulit, mereka harus mengatasinya dan itulah yang mereka lakukan lagi,” lanjut dia.

Erik ten Hag meraih trofi pertama dalam masa kepemimpinannya di Old Trafford. Ini adalah trofi pertama Manchester United sejak 2017 dan bukti nyata dari kemajuan yang dibuat di bawah asuhan Ten Hag musim ini. Kemenangan telak atas Liverpool, Arsenal, Manchester City dan Barcelona telah memberikan dampak yang baik mereka.

MU kemungkinan masih bisa memenangkan trofi beruntun di musim ini. Trofi perdana ini bagi Ten Hag adalah dorongan untuk meraih hasil terbaik dalam perebutan Piala FA, Eropa, hingga Liga Premier. Ia bahkan telah mengusung misi demi mencapai gelar lanjutan.

“Pertama, kami harus memenangkan (trofi) yang pertama dan itulah yang kami lakukan hari ini. Saya pikir kami mendapatkan banyak inspirasi dari hal ini dan juga kepercayaan diri yang lebih besar bahwa kami bisa melakukannya. Kami masih berada di awal untuk mengembalikan Manchester United kembali ke tempat yang seharusnya, yaitu memenangkan trofi. Ini adalah yang pertama,” Ten Hag menegaskan.