RAKYAT.NEWS, OlahragaUpacara Best FIFA Football Awards 2022, yang digelar di Paris pada hari Senin, 27 Februari 2023, menobatkan Alexia Putellas dan Lionel Messi sebagai pemain terbaik tahun 2022 lalu. Di samping memberikan penghargaan kepada para pelatih, penjaga gawang, dan lainnya di seluruh pertandingan pria dan wanita.

 

Dilansir dari laman resmi FIFA.com, Selasa, 28 Februari 2023, L\legenda sepak bola dan ikon global Lionel Messi membawa pulang penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA setelah kemenangan bersejarah Argentina di Piala Dunia FIFA 2022, pada bulan Desember. Messi adalah bagi para penggemar, Paris Saint-Germain FC, klub yang kini ia bela.

 

Tak hanya Messi, gelandang FC Barcelona Femení asal Spanyol, Alexia Putellas, mendapatkan penghargaan sebagai Pemain Wanita Terbaik FIFA untuk tahun kedua berturut-turut setelah tahun yang sukses dimana klubnya memenangkan gelar liga ketiga secara beruntun. 

 

Mary Earps terpilih sebagai Penjaga Gawang Wanita Terbaik FIFA setelah pada tahun yang sama ia berhasil mengangkat UEFA Women’s EURO 2022 bersama Lionesses. Penjaga gawang Argentina, Emiliano Martínez, meraih penghargaan Penjaga Gawang Pria Terbaik FIFA setelah penampilannya yang luar biasa di Piala Dunia FIFA 2022.

 

Manajer tim nasional Inggris, Sarina Wiegman, memenangkan Pelatih Wanita Terbaik FIFA setelah memimpin Lionesses meraih kejayaan di Eropa dan gelar UEFA EURO keduanya secara beruntun, sementara pelatih Argentina, Lionel Scaloni, menambahkan Pelatih Pria Terbaik FIFA ke dalam lemari pialanya, di samping trofi Piala Dunia FIFA.

 

Upacara Penghargaan Sepak Bola FIFA Terbaik juga memberikan penghargaan kepada gol terbaik tahun ini saat Marcin Oleksy memenangkan The FIFA Puskás Award untuk penyelesaiannya yang mengesankan. Pemain asal Georgia, Luka Lochoshvili, meraih penghargaan The FIFA Fair Play Award sebagai pengakuan atas reaksi yang patut dicontoh saat bermain untuk Wolfsberger AC, ketika seorang pemain lawan jatuh pingsan di lapangan dan Luka bergegas memberikan pertolongan.

 

Selain itu, para penggemar Argentina juga mendapatkan penghargaan atas dukungan mereka kepada tim nasional selama Piala Dunia FIFA 2022, yang menyaksikan sejumlah pemain yang mengesankan melakukan perjalanan ke Qatar dan jutaan penggemar kemudian menyambut para pahlawan mereka yang menang di Buenos Aires dan di seluruh negeri.

 

Para pemenang penghargaan Pemain, Kiper, dan Pelatih Terbaik ditentukan melalui proses pemungutan suara yang melibatkan empat kelompok yang memiliki hak suara yang sama: penggemar sepak bola, perwakilan media terpilih, serta kapten dan pelatih kepala tim nasional dari seluruh dunia.

 

Berikut Para pemenang The Best FIFA Football Awards 2022:

 

Pemain Wanita FIFA Terbaik: Alexia Putellas (Spanyol/FC Barcelona Femení)

 

Pemain Pria FIFA Terbaik: Lionel Messi (Argentina/Paris Saint-Germain FC)

 

Penjaga Gawang Wanita Terbaik FIFA: Mary Earps (Inggris/Manchester United WFC)

 

Penjaga Gawang Pria FIFA Terbaik: Emiliano Martínez (Argentina/Aston Villa FC)

 

Pelatih Wanita Terbaik FIFA: Sarina Wiegman (Tim Nasional Wanita Inggris)

 

Pelatih Pria FIFA Terbaik: Lionel Scaloni (Tim Nasional Pria Argentina)

 

Penghargaan Puskás FIFA: Marcin Oleksy (Polandia/Warta Poznań)

 

Penghargaan Fair Play FIFA: Luka Lochoshvili (Georgia/Wolfsberger AC/U.S. Cremonese)

 

Penghargaan Penggemar FIFA: Penggemar Argentina