JAKARTA – Manajemen Persebaya Surabaya mengirim surat ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) karena keputusan wasit yang sering terjadi di Liga 1 2022/2023.

Baca Juga : Bootcamp UC Makassar, Pameran Aplikasi Buatan Peserta Hingga Visitasi SMA Kristen Pelita Kasih

Pada laga Liga 1 2022/2023, Persebaya merasa dirugikan karena banyaknya keputusan kontroversial wasit Mansyur yang memimpin pertandingan melawan Madura United, di Stadion Gelora Bung Tomo, pada Minggu (14/8/2022).

Menurut manajemen Persebaya dalam laman Instagramnya mengatakan, wasit banyak melakukan kesalahan yang merugikan tim Bajul Ijo.

“Wasit melakukan beberapa kesalahan fatal yang sangat merugikan Persebaya dalam matchday keempat melawan Madura United. Sebelum gol pertama tim tamu, asisten wasit 2 sudah mengangkat bendera tanda bola keluar dan tendangan gawang, namun wasit tengah menyatakan bola hidup. Jelas, bola memang keluar,” tulisnya.

Persebaya juga kecewa karena gol ketiga Bajul Ijo dianulir wasit yang disundul masuk ke gawang oleh Silvio Junior pada menit ke-53, sehingga mereka gagal unggul 3-2 atas Madura United.

“Kesalahan lainnya, Persebaya seharusnya mencetak gol ketiga melalui tandukan Silvio Junior. Namun, wasit Mansyur menyatakan Leo Lelis melakukan pelanggaran, padahal tayangan video jelas menunjukkan [pemain Madura United] Cleberson yang malah menarik kaos Lelis. Wasit berada dalam posisi sangat dekat, sangat disayangkan salah mengambil keputusan,” tulisnya.

Dua kesalahan fatal membuat manajemen Persebaya memutuskan mengirim surat ke PT LIB menuntut kinerja wasit dievaluasi.

“Menindaklanjuti dua kesalahan fatal itu, Manajemen Persebaya akan mengirimkan surat kepada PT LIB, menuntut evaluasi kinerja wasit,” tulisnya.

“Itu tidak mengubah skor, namun tetap dilakukan demi perbaikan kinerja wasit. BRI Liga 1 2022/2023 sudah memasuki pekan keempat, namun setiap pekan selalu terjadi kontroversi keputusan wasit di banyak pertandingan,” tambahnya.

Laga Persebaya vs Madura United berakhir 2-2. Madura United sempat memimpin lewat gol Luiz Marcelo Morais pada menit ketujuh.

Persebaya mampu menyamakan kedudukan melalui Silvio Junior pada menit ke-28 dan unggul 2-1 lewat gol Sho Yamamoto pada menit ke-48.

Namun Madura United berhasil menutup pertandingan dengan hasil imbang 2-2 lewat gol Cleberson Souza pada menit ke-90+3.