RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pertandingan melawan skuad Argentina menjadi tantangan besar bagi Timnas Indonesia, pasalnya tim didikan Shin Tae Yong tersebut akan menghadapi tim juara Piala Dunia 2022 sekaligus peringkat satu ranking FIFA.

Pertandingan keduanya akan berlangsung pada Senin malam, 19 Juni.

Meski bakal melakukan rotasi besar-besaran, kekuatan Argentina bakal tetap tinggi mengingat barisan pemain yang dibawa berkualitas elite. Bukan tak mungkin bintang muda Manchester United Alejandro Garnacho dan penggawa Manchester City Julian Alvarez tampil dalam laga ini.

Jika demikian, maka strategi bertahan adalah pilihan bijak bagi Timnas Indonesia. Bermain hati-hati di lini belakang sambil mencari kesempatan melakukan serangan balik bakal jadi formula yang efektif untuk membuka peluang dan mencetak angka.

Mengutip dari CNNIndonesia.com, kemungkinan Timnas Indonesia akan menerapkan formasi 5-3-2. Trio Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Rizky Ridho bakal mengawal jantung pertahanan skuad Garuda. Sedangkan Shayne Pattynama dan Asnawi Mangkualam kemungkinan dipasang jadi bek sayap.

Laga ini bisa jadi arena yang tepat menguji kemampuan Shayne Pattynama sebagai salah satu pemain yang baru dinaturalisasi.

Lini tengah Timnas Indonesia juga bakal jadi titik krusial. Marc Klok memegang peran penting dalam menjaga tempo permainan sekaligus distribusi bola ke depan.

Sedangkan Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner kemungkinan bakal jadi rekan Marc Klok di lini tengah. Jenner belum turun penuh di laga lawan Palestina sedangkan Marselino terbukti jadi sosok pemain muda yang percaya diri saat mengolah bola di lapangan.

Sedangkan di lini depan, Shin Tae Yong kemungkinan mempercayakan pada sosok Dimas Drajad dan Raphael Struick. Dimas Drajad dan Raphael Struick terbukti bisa bergerak cukup bagus di laga lawan Palestina.