RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Timnas Indonesia akan menghadapi sejumlah negara dalam laga FIFA matchday selanjutnya setelah menghadapi Argentina pada Senin, 19 Juni kemarin.

Laga melawan Argentina menjadi sejarah tersendiri bagi sepak bola Indonesia. Untuk kali pertama sejak berlaga di level internasional, Timnas Indonesia menghadapi kesebelasan berstatus juara dunia dan penghuni peringkat pertama dalam daftar ranking FIFA.

Ketua Umum, PSSI Erick Thohir menyatakan pertandingan melawan negara-negara kelas atas dalam peta sepak bola dunia akan menjadi hal yang rutin.

Erick bahkan menyebut Brasil yang merupakan pemilik lima gelar juara dunia sudah ada dalam daftar calon lawan skuad Garuda, begitu pula dengan Portugal.

Selain dua negara tersebut, Erick juga menyebut negara lain dengan peringkat yang jauh lebih baik dibanding Indonesia yakni Maroko dan Rusia. Rencana tersebut tak lepas dari tujuan membangun Timnas Indonesia yang kuat.

“Friendly match dengan beberapa negara-negara besar, kita alokasikan. Seperti tahun ini dengan Argentina, habis itu kita fokus Kualifikasi Piala Dunia. Tahun depan pasti kita alokasikan,” ujar Erick dilansir dari CNNIndonesia.com.

“Saya juga sudah kontak dan dapat respons positif dari Maroko, dari Brasil, Portugal, Rusia. Tapi gini, kita hanya boleh pilih satu lawan setiap tahun,” kata Erick bulan lalu jelang kedatangan Argentina.

Agenda menghadapi tim kuat direncanakan setahun sekali dalam kalender FIFA matchday karena tim Merah Putih juga memiliki laga untuk memperbaiki peringkat dalam daftar peringkat FIFA.

Dalam beberapa laga FIFA matchday terakhir, Timnas Indonesia menghadapi kesebelasan yang memiliki ranking lebih tinggi seperti Curacao dan Burundi. Menyusul kemudian Palestina dan Argentina.

Sementara dalam laga selanjutnya yang akan berlangsung pada pertengahan Oktober 2023, anak asuh Shin Tae Yong akan menjalani laga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan disusul pertandingan fase grup Piala Asia pada Januari 2024.