RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan (Sulsel) siap menjadi tuan rumah Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) I- XXI 2023. Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Tinju ini akan berlangsung 20 hingga 31 Juli 2023 di Gedung Olahraga (GOR) Sport Hall Makassar, Jalan AP Pettarani.

Ketua Pengprov Pertina Sulsel, Harpen Reza Ali, dengan penuh antusias menyampaikan bahwa Sport Hall Makassar akan dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Pra PON I-XXI setelah melalui pertimbangan yang matang. GOR Sport Hall Makassar adalah sarana olahraga baru yang dibangun atas inisiasi tokoh olahraga Sulsel A Reza Ali.

“Kami membangun sendiri sarana olahraga. Semua kami lakukan untuk kepentingan pembinaan dan prestasi olahraga, baik di Makassar maupun untuk kepentingan Sulawesi Selatan. Karena, mohon maaf, di Makassar, bahkan di Sulsel tidak ada sarana olahraga yang memadai,” jelas Harpen Reza Ali dalam keterangan resmi.

“Venue pertandingan (Sport Hall Makassar) sementara ini dalam proses finishing. Kami berharap bisa selesai sesuai target dan bisa memberi pengalaman terbaik bagi semua peserta dan penonton,” lanjutnya.

Terkait peserta, yang sudah mendaftar tercatat 339 orang. Mereka berasal dari 24 provinsi dari 38 provisni se Indonesia. “Jumlah ini masih akan bertambah. Karena masih ada beberapa provinsi yang belum mendaftar,” jelas Harpen.

Rinciannya 130 atlet putri dan 209 atlet putra yang siap beraksi di atas ring. Mereka akan bertanding dalam 20 kelas yang penuh tantangan dan kejutan.

“Kami sangat bersemangat menggelar tahap Pra-PON pertama ini di Sport Hall Makassar. Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat dan profesionalisme tinggi. Kami berharap bahwa kejuaraan ini akan menjadi panggung bagi atlet-atlet tinju se Indonesia menunjukkan kemampuan mereka dan mewujudkan impian dalam meraih prestasi di dunia tinju amatir,” ujar Ketua Panitia Pelakasana Pra PON I-XXI 2023, M Tawing.