RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Timnas Indonesia U-24 akan kembali bertemu Taiwan di Asian Games 2023. Skuad Garuda Muda tergabung bersama Korea Utara, Kirgistan, dan Taiwan di Grup F.

Pasukan Garuda Muda yang dipimpin Shin Tae Yong sukses mencukur Taiwan 9-0 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu, 9 September lalu. Nantinya, kedua tim bakal kembali bertemu di Asian Games 2023.

Hanya saja komposisi skuad Timnas Indonesia di Asian Games bakal berbeda dengan Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23. Hanya beberapa pemain Timnas U-23 yang dilibatkan di Asian Games China 2023.

Mengutip dari CNNIndonesia.com, Indonesia akan menjalani laga pertama apda 19 September melawan Kirgistan. Kemudian pada 21 September akan bentrok dengan Taiwan.

Lawan terakhir di fase grup adalah Korea Utara. Pertandingan ini akan berlangsung pada 24 September. PSSI tak mematok target medali ke tim asuhan Indra di Asian Games 2023.

Asian Games diikuti oleh 23 tim yang dibagi ke dalam enam grup berisikan 3-4 tim. Dua tim terbaik dari masing-masing grup dipastikan lolos otomatis ke babak 16 besar.

Meski demikian, masih ada empat slot lagi yang akan diperebutkan di jalur peringkat ketiga terbaik.

Karena perbedaan jumlah tim di grup, maka hasil pertandingan melawan tim juru kunci tidak dihitung untuk perebutan posisi ketiga terbaik.

Kategori usia yang diterapkan di Asian Games kali ini adalah 24 tahun (U-24) atau kelahiran maksimal 1 Januari 1999. Selain itu ada tiga pemain senior yang diizinkan bergabung.

Batasan usia 24 tahun diterapkan karena Asian Games 2022 mundur satu tahun lantaran imbas pandemi Covid-19. Sementara gelaran tersebut baru bisa dilangsungkan pada 29 September 2023-8 Oktober 2023.