MANCHESTER – Rencana Piala Dunia Dua Tahunan dari FIFA mendapat tentangan dari banyak pihak. Salah satunya datang dari UEFA pada Kamis, (16/09).

Baca Juga : Hasil Survei FIFA: Penggemar Ingin Piala Dunia Dua Tahunan

FIFA telah mengumumkan hasil survei yang dilakukan pada Juli 2021 yang menunjukkan kenginan sebagian besar penggemar pada piala dunia dua tahunan.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mengatakan dia memiliki “keprihatinan besar” tentang rencana tersebut dan sejak itu mengatakan kepada The Times bahwa negara-negara Eropa dapat memboikot Piala Dunia jika perubahan dilakukan.

“Semua 55 anggota asosiasi UEFA mengadakan pertemuan virtual rutin pada hari Selasa dan mereka membahas proposal FIFA untuk kalender pertandingan internasional baru yang menggabungkan turnamen final Piala Dunia setiap dua tahun,” dikutip dari skyports.com, Kamis (16/09/2021).

Caferin juga telah menyurat kepada FIFA dengan mendesak melakukan pertemuan untuk membahas proposal piala dunia dua tahunan tersebut.

Mengikuti sikap UEFA, CONMEBOL juga menentang rencana FIFA dan akan sangat sulit untuk mendapatkan legitimasi.

Rencana FIFA memperluas wilayah survei ke 100.000 di 100 negara sedang berlangsung dan akan dipublikan pada waktunya. Hal tersebut juga akan menjadi bahan konsultasi bagi pihaknya.