RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir merespons Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025.

“Piala Dunia U-17 sukses memberikan dampak positif untuk ekonomi dan citra Indonesia. Setelah sukses Piala Dunia U-17, saya sebagai Ketua Umum PSSI bersama Menpora, ditugaskan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2025 dan Piala Dunia U-17 2025 hingga 2029 bersama Singapura,” ucap Erick Thohir dari laman Instagram pribadinya, Senin (4/12/2023), dikutip dari CNNIndonesia.com.

“Rencana ini sejalan dengan komitmen kami membina pemain usia muda sebagai fondasi timnas masa depan yang kuat. Bismillah, kita bawa [Piala Dunia U-20],” kata Erick.

Presiden Jokowi menyatakan Indonesia dan Singapura akan melakukan bidding bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025.

Kepastian itu diungkap Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/12/2023), sebelum menjalani kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Saya telah memerintahkan kepada PSSI dan Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2025 dan U-17 untuk tahun 2025-2029, dan bidding bersama-sama dengan Singapura,” ujar Jokowi.

“Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen yang tadi saya sampaikan, yaitu U-17 dan U-20. Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan ini,” ucap Jokowi.

Jokowi juga memastikan sudah ada perjanjian kerja sama antara PSSI dan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) untuk melakukan bidding bersama.

“Mungkin perlu saya sampaikan untuk declaration of interest yang sudah ditandatangani oleh PSSI dan oleh Football Association of Singapore [FAS], semuanya sudah,” ujar Jokowi.