MAKASSAR – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) khususnya di bidang olahraga akan fokus untuk melaksanakan tiga program prioritas.

Pengelola PPID Dispora Sulsel, Muh. Jabal Nur menjelaskan, bahwa program prioritas yang saat ini menjadi fokus utama khusunya di bidang olahraga adalah pembangunan sarana olahraga dan juga pembinaan organisasi keolahragahan.

Baca Juga: Pasien Varian Omicron Bisa Lebih Cepat Sembuh Daripada Varian Delta

“Bidang Keolaragahan fokus pada sarana dan prasarana olahraga, yang kedua pembinaan atlet dan pelatih cabang olahraga dan induk organisasi olahraga, yang ketiga itu pembinaan organisasi-organisasi keolaragahan,” ungkapanya saat ditemui di kantor Dispora Provinsi Sulsel, Makassar, Senin (8/2/2022).

Lebih rinci, ia memaparkan dana yang dialokasikan untuk melaksanakan program prioritas khususnya di bidang olahraga seperti bonus yang diberikan atlet dan pelatih PON sebesar 14,5 Miliar.

Selanjutnya pembangunan sarana olahraga Stadion Mattoanging sebesar 70 Miliar, dan untuk mendukung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Pemprov melalui Dispora Sulsel memberi dana hibah sebesar 5 Miliar untuk membantu induk cabang olahraga tingkat provinsi.

Selain itu pembangunan sarana olahraga bukan hanya berfokus pada Stadion Mattoanging, Ia menjelaskan walaupun bukan program prioritas, Dispora Sulsel akan memaksimalkan pembangunan Gor yang berada di daerah Sudiang dengan melakukan renovasi secara bertahap.

“Gor di sudiang bukan program prioritas tetapi kita berusaha memaksimumkan, jadi untuk itu kita renovasi kecil-kecilan, Pengecetan terus perbaikan WC, sama kita lihat nanti keamanan pengunjung, tetap kita benahi juga supaya bisa optimal uang negara,” tambahnya.

Lanjut, ia juga mengungkapkan beberapa kegiatan Dispora Sulsel yang rutin dijalankan seperti event keolaragahan yang berlanjut setiap 2 tahun.

“Kalau Popda (Pekan olahraga pelajar daerah) memang rutinitas dan itu memang berlanjut setiap 2 tahun, terus ada juga Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) jadi dari seluruh kabupaten akan berlaga di situ,” ungkapnya.