OLAHRAGA – Ibu Hamil (Bumil) harus tetap menjaga kesehatan setiap hari, hamil bukanlah alasan untuk berhenti atau tidak olahraga sama sekali. Ibu hamil justru sangat disarankan tetap aktif berolahraga selama kehamilan demi menjaga kebugaran tubuh dan mendukung kesehatan janin, Jumat (29/07/2022).

Baca Juga: Karutan Makassar Ikuti Penguatan Kapasitas Penyelenggaraan Layanan Kesehatan Pemasyarakatan

Frances Crites, MD, seorang dokter kandungan di Presbyterian Hospital di Dallas mengungkapkan bahwa tubuh yang sehat dapat mengurangi keluhan saat hamil.

“Mempertahankan tubuh yang sehat juga dapat mengurangi keluhan kehamilan umum seperti nyeri punggung bawah, dan bahkan dapat mempersingkat waktu persalinan,” jelas Crites, di kutip dari liputan6.com

Berikut ada 5 Hal yang perlu di Ketahui Ibu Hamil untuk tetap menjaga kesehatan.

1. Senam Hamil

Senam hamil adalah latihan gerak yang di berikan ibu hamil pada umumnya untuk mempersiapkan dirinya, baik persiapan fisik maupun mental menghadapi persalinan yang aman.
Adapun Manfaat dari Senam hamil Sendiri dapat memperkuat jantung dan paru-paru, sehingga membuat tidur lebih nyenyak, lalu menurunkan berat badan naik secara berlebihan.

2. Yoga

Yoga adalah olahraga yang paling di anjurkan untuk ibu hamil, untuk melancarkan sirkulasi darah, membantu memperbaiki postur tubuh, serta mengurangi steres yang berlebihan.

3. Berenang

Berenang dapat mengurangi keringat ketika hamil, serta dapat mengurangi nyeri panggul, dan mengurangi bengkak berlebihan pada pergelangan kaki.
Namun, ketika hamil perlu memperhatikan gaya berenang agar tidah menimbulkan cedera.

4. Jalan Kaki

Jalan kaki di pagi hari sangat di anjurkan bagi ibu hamil, bermanfaat untuk memperkuat otot kaki agar tidak mudah kesemutan. ni merupakakan pilihan olahraga paling aman, baik dan tentu sangat bermanfaat dalam mencegah ketakutan untuk tetap aktif ketika hamil.

5. Pitales

Pitales sangat bermanfaat membantu keseimbangan tubuh, memperkuat otot-otot, serta memperbaiki postur tubuh.